baca semua 

Berita kami

Berita Perbanas National Payment Gateway Mulai Beroperasi Juli 2017

National Payment Gateway Mulai Beroperasi Juli 2017

Jun 12, 2017

Kepala Pusat Program Transformasi BI, Onny Widjanarko menyatakan Bank Indonesia sedang merencanakan uji coba penerapan pembayaran National Payment Gateway (NPG) atau disebut juga sistem pembayaran nasional dibeberapa bank-bank besar dalam transaksi pembayaran pada bulan Juli 2017. Onny menyatakan bahwa semoga penerapannya dapat dilakukan bulan Juli, setelah PBI dikeluarkan. Saat ini, PBI sedang dalam tahap review.

Menurut Onny Widjanarko, sistem pembayaran NPG ke depannya akan sangat membantu masyarakat dalam transaksi non tunai, yaitu pembayaran ATM/debit, kartu kredit, dan uang elektronik. Sebab saat ini, segala transaksi non tunai diproses di luar negeri dan dikembalikan laporannya saat penagihan. Memang saat ini ada perusahaan asing yang membantu proses tersebut, namun akan lebih efisien jika ada badan atau perusahaan nasional yang menjadi perantara. Tentu saja penerapan NPG akan bertahap sebab tingkat readiness setiap bank berbeda. Untuk saat ini, beberapa bank yang sedang bekerjasama terdapat Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI dan beberapa lainnya.

National Payment Gateway telah dibicarakan sebelumnya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2016 oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martiwardojo. Agus menyatakan bahwa ke depannya, BI mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran dilakukan pada proses transaksi keuangan di domestik, menempatkan data di domestik, menyimpan danannya di perbankan nasional, menggunakan central bank money, serta mematuhi penggunaan rupiah.

Destry Damayanti  selaku Ekonom dan Angggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan, bahwa kebutuhan infrastruktur perbankan harus dapat diintegrasikan dengan beragam pembayaran secara elektronik untuk tuntutan ke depan. Apalagi, transaksi elektronik semakin berkembang pesat, Destry mengapresiasi langkah Bank Indonesia (BI) dalam memproses penerapan NPG pada 2017 mendatang. Sebab, kebutuhan sistem pembayaran dengan transaksi elektronik akan berkembang pesat. Oleh sebab itu, badan atau perusahaan mana pun yang akan di tunjuk sebagai NPG diharapkan sebagai perbankan lokal. Tentu saja untuk memberikan keuntungan dengan regulator terkait.

___

Sumber

SHARE IT
SUBSCRIBE