baca semua 

Berita kami

Berita Perbanas Perbanas Harap Perry Warjiyo Bisa Jaga Keseimbangan Moneter

Perbanas Harap Perry Warjiyo Bisa Jaga Keseimbangan Moneter

Mar 01, 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirjoatmodjo berharap calon Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo apabila terpilih mampu menjaga keseimbangan instrumen moneter.

"Beliau sudah berpengalaman dan mengetahui bagaimana menjaga instrumen-instrumen moneter untuk stabilitas sekaligus mempunyai daya dorong untuk transmisi ke sektor riil," kata Tiko, sapaan akrab Kartika, ditemui usai sebuah seminar di Jakarta, Rabu (28/2).

Direktur Utama PT Bank Mandiri itu menilai Perry mempunyai pengalaman yang mumpuni di bidang moneter dan makroprudensial. Menurut dia, Perry perlu menjaga landasan yang telah dibangun oleh Gubernur BI Agus Martowardojo.

Tiko menilai Agus telah berhasil menjaga inflasi rendah, menurunkan suku bunga, juga dari sisi sistem pembayaran dan stabilitas moneter. "Memang harus dijaga supaya jangan sampai terjadi risiko di tahun ini, khususnya karena kita tahu suku bunga acuan Bank Sentral AS ada rencana kenaikan tiga hingga empat kali," ucap dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia menggantikan Agus Martowardojo. Presiden Jokowi mengajukan Perry sebagai calon tunggal karena dianggap memiliki kompetensi, menguasai masalah, dan tantangan otoritas moneter. Menurut rencana, DPR RI akan membahas calon Gubernur Bank Indonesia tersebut setelah masa reses berakhir pada 5 Maret 2018.

SHARE IT
SUBSCRIBE